The Bay of the Descending Dragon

Nama Ha Long Bay menjadi terkenal setelah ia disebut menjadi bagian dari New 7 Wonder, sebuah gerakan dan penghargaan yang mempopulerkan banyak spot turisme di daerah Asia Tenggara. Tak hanya Ha Long Bay saja, bahkan Taman Nasional Komodo dan Puerto Princesa di Indonesia dan Filipina pun jadi naik daun karenanya.

Bicara kembali soal Ha Long Bay, apa yang membuat tempat ini begitu spesial – bahkan menjadi highlight yang dicari para turis di Vietnam? Tentu keindahan gugusan batu-batu kapur (gamping) di teluknya. Tak tanggung-tanggung jumlahnya mencapai hampir 2000 buah, tersebar secara dekat dan berjauhan. Eksotisme berlayar di antara batu-batu kapur tentunya merupakan hal yang dicari oleh turis-turis yang datang ke Vietnam, apalagi setelah film ini menjadi setting bagi film Kong: Skull Island sampai Tomorrow Never Dies.

20180623_151452
The Dragon Descends

Ketika saya datang ke Vietnam sendiri saya memang sudah menargetkan untuk pergi ke Ha Long Bay. Pergi ke tempat ini berarti saya harus terbang terlebih dahulu dari Ho Chi Minh (yang adalah kota terbesar di Vietnam) ke Hanoi (yang adalah ibukota Vietnam) untuk kemudian pergi ke kota di teluk Ha Long dan naik cruise dari sana. Oleh karena begitu populernya Ha Long Bay, ada puluhan jasa cruise mulai dari murah sampai mahal ditawarkan. Tak hanya itu, mereka juga berlomba-lomba menawarkan durasi yang berbeda di Ha Long Bay. Ada yang menawarkan perjalanan selama hanya sehari (tanpa menginap), ada lagi yang menginap semalam (yang saya ambil), atau bagi yang mau memuaskan diri pun bisa menginap sampai dua bahkan tiga malam. Secara singkatnya: jangan takut dengan budget untuk menikmati Ha Long Bay sebab pasti ada paket yang sesuai dengan kantongmu.

Ini pilihanku, mana pilihanmu?

Hal kedua yang perlu dimengerti adalah Ha Long Bay merupakan teluk yang luas, sangat luas. Apabila paket yang kalian ambil adalah paket sehari tanpa menginap atau hanya menginap semalam, kemungkinan besar adalah kalian tak bisa melihat semua rute yang ditawarkan oleh Ha Long Bay dan harus memilih rute mana yang hendak kalian ambil. Mengingat mayoritas orang mengambil paket menginap semalam, saya menyarankan untuk mengambil satu di antara dua rute yang paling terkenal: rute Ha Long dan Cat Ba atau rute Bai Tu Long.

Rute pertama yang paling terkenal di Ha Long Bay adalah Rute Ha Long Bay sendiri yang membawa kamu ke Tip Top Island atau Cat Ba Island. Rute ini merupakan rute yang paling populer dan paling banyak kapal melalui tempat ini. Kelebihan dari tempat ini adalah kalian bisa mengambil banyak foto ikonik dari Ha Long Bay di rute ini, terutama dengan pemandangan batu-batu kapur dengan banyak kapal berlayar di antaranya. Kelemahan dari rute ini adalah banyaknya kapal dan rombongan tur sehingga akan menyulitkanmu melihat pemandangan secara lebih santai. Air di dalam teluk ini pun cenderung lebih kotor karena sudah terlalu banyak sampah dalamnya (sangat disayangkan).

Rute kedua adalah rute yang kuambil dalam perjalananku: Bai Tu Long Bay. Bai Tu Long Bay dalam legenda adalah titik di mana sang naga pertama turun ke Vietnam dan karenanya secara harafiah namanya berarti “Terima Kasih, Naga”. Bai Tu Long Bay adalah teluk yang lebih jauh rutenya dan lebih sepi dari pengunjung. Oleh karena itu jumlah kapal cruise yang melewati tempat ini pun terbilang lebih sedikit. Kelemahan dari tempat ini adalah batu-batu kapur yang ada di bagian teluk ini cenderung berjarak sedikit lebih terpencar dan berjauhan satu sama lain sehingga mungkin akan mengecewakan kalian yang mencari pemandangan yang lebih eksotik dan ikonik. Pun begitu jangan salah, perairan Bai Tu Long Bay yang jernih dengan air tosca hijau dan sepi pengunjung akan membuat kalian jatuh cinta. Cruise yang melewati jalur ini biasa akan mematok tarif lebih mahal disebabkan rute perjalanan yang lebih jauh.

Pengalamanku dengan Signature Royal Cruise sangat mengesankan dan memuaskan. Saya melakukan booking pada satu kamar Deluxe Suite dan menambahkan jasa penjemputan (dengan mobil van eksklusif) dari hotelku di Hanoi ke kota Ha Long dan lantas diantar pulang kembali ke Hanoi sekembalinya saya dari kapal. Perlu dicatat bahwa ada cruise-cruise tertentu yang sudah menawarkan jasa penjemputan dan pengantaran kembali ke Hanoi secara gratis. Bagi yang tidak pun tak mengharuskan kalian booking antar jemput dengan mereka. Kalian diperbolehkan berangkat sendiri dari Hanoi ke kota Ha Long tetapi hal ini cukup riskan sebab bila ketinggalan angkutan umum, cruise tidak bertanggung jawab menunggu anda. Ini berbeda apabila penjemputan dari mereka yang terlambat – mereka akan bertanggung jawab menunggu kalian sebelum kapal diberangkatkan.

Signature Royal Cruise menawarkan kamar yang benar-benar besar dan kamar mandinya pun memiliki bathtub di dalamnya. Setiap kabin pun memiliki balkoninya sendiri sehingga kamu memiliki private time menikmati sunset dan sunrise dari Ha Long Bay. Seperti mayoritas cruise lain di Ha Long Bay, makanan disediakan secara gratis di kapal tetapi kalian harus membayar untuk minuman dan snack tambahan. Akan tetapi jangan khawatir, makanan yang disediakan di kapal sungguh sangat mewah dan disajikan berulang kali. Dalam satu malam saja Signature Royal Cruise memberikan makan siang, snack, makan malam, dan makan pagi di keesokan harinya. Kecuali kalian super rakus, hampir-hampir tidak mungkin rasanya kelaparan di kapal ini.

Aktivitas di kapal pun sangat menyenangkan. Pada hari pertama, selain diberi waktu untuk melakukan aktivitas kayak di perairan Ha Long Bay, dalam kapal pun ada kelas membuat makanan khas Vietnam: Spring Roll. Setelahnya pun kamu bisa dengan tenang beristirahat di atas kabin. Saya berkenalan dengan seorang teman fotografer dari Argentina yang membawa sebuah drone. Sangat iri melihat ia menerbangkan dronenya untuk menangkap video footage maupun gambar akan Ha Long Bay dari aerial view. Pemandangan di kala senja pun tak kalah cantiknya. Matahari dengan pelan terbenam, mewarnai langit dengan warna oranye bercampur jingga yang mengesankan. Tak lama kemudian kapal-kapal yang sudah dijangkar pelan-pelan lampunya menyala satu demi satu. Sungguh sebuah pemandangan yang keindahannya sulit diekspresikan dengan kata-kata.

20180623_185853-01
Before Dark

Pada hari kedua kalau kamu tidak mengantuk (dan sebaiknya kamu memang bangun pagi), kapal menyajikan aktivitas kelas Tai Chi bersama. Melakukan Tai Chi di tengah udara segar sambil melihat mentari pagi terbit pun menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Setelah selesai mandi dan makan pagi, saya dibawa ke salah satu gua di Ha Long Bay: Gua Sungsot (Surprise Cave). Bagi saya yang telah kerap melihat gua-gua eksotik, sebenarnya gua di Ha Long Bay ini terasa biasa-biasa saja. Jauh lebih megah gua yang ada di New Zealand apalagi Jenolan Cave di Australia (yang masih saya anggap sebagai gua teragung yang pernah saya masuki). Setelahnya saya sekali lagi dijamu dengan snack ringan sebelum kapal pulang kembali ke pelabuhan.

2018_0623_19251400-01
Kalau Gordon Ramsay makan ini, komentarnya apa ya?

Kejutan belum berakhir di sana. Pada malam hari di hotel saya di Hanoi saya terkejut ketika resepsionis memanggil saya dan mengatakan seorang representasi dari Signature Royal Cruise di bawah menunggu saya. Saya keheranan. Apakah ada makanan dan minuman yang secara tak sengaja saya ambil lantas lupa saya bayar? Rupanya tidak. Sang representasi dengan hormat berterima kasih karena saya telah mengarungi Ha Long Bay bersama mereka, dan ia membawa sebuah replika kayu kapal Cruise yang kami tumpangi bersama satu bungkus kopi Vietnam. Ia bertanya-tanya sejenak mengenai pengalaman saya menaiki kapal dan mengenai apa saja yang bisa ia lakukan untuk memberikan servis yang lebih memuaskan di masa mendatang. Saya hanya tertawa dan menjawab tidak ada. Sungguh sebuah servis yang sangat – sangat memuaskan. Marketers, take note. Ini adalah cara kamu memberikan servis yang memuaskan bagi pelangganmu. Kalau suatu hari saya memang berkesempatan singgah ke Ha Long Bay lagi, saya takkan ragu untuk kembali berlayar bersama Signature Royal Cruise!

Advertisements

One Comment Add yours

1. That night scene is beautiful.