The South Island Experience

Selandia Baru adalah salah satu dari negara tercantik di dunia yang pernah saya kunjungi. Negara ini terbagi menjadi dua pulau utama: North Island dan South Island, bukan nama yang terlalu kreatif ya? Terlepas dari pemberian nama yang ngasal itu, North Island atau Pulau Utara adalah pulau yang lebih maju dikarenakan ada dua kota terbesar di New Zealand di sini: Auckland dan Wellington. Beberapa atraksi utama di sini pun terbilang sudah merupakan campuran dari buatan manusia dan keindahan alam Selandia Baru: seperti Hobbiton dan Waitomo Glowworm Cave.

Tetapi apabila diminta membandingkan keduanya saya jauh-jauh lebih terkesima dengan keindahan alam dari South Island. Tempat ini benar-benar luar biasa mencengangkan! Dengan pegunungan di mana-mana, hampir sepanjang tempat di pulau ini kamu bisa berhenti lantas mengambil foto keindahan alamnya. Dengan begitu banyaknya tempat cantik di South Island, ini merupakan lima tempat terindah yang saya kunjungi.

 

1. Lake Wanaka

Danau ini dibuat terkenal karena Tom Cruise pernah mengatakan kepada istrinya di Mission Impossible 3 bahwa ini merupakan tempat mereka berlibur. Danau ini menjadi terkenal dikarenakan ada sebuah pohon yang tumbuh di tengah danau tersebut, menjadikannya sebuah backdrop yang ikonik bagi para fotografer yang ingin mengambil foto tempat tersebut. Mengambil foto tempat ini baik dengan backdrop bintang Milky Way, matahari terbit, sampai matahari sunset. Ah, semuanya indah!

DSCF3444
The Beautiful Lake Wanaka

2. Aoraki / Mount Cook

Salah satu cara yang paling mudah untuk menikmati Aoraki / Mount Cook adalah dengan dua trail. Trail yang pertama adalah Hooker Valley Track yang bisa dilakukan dengan sangat mudah, baik oleh anak-anak sekalipun. Keseluruhan trail ini memakan waktu dua jam (jadi hampir empat jam pulang pergi) tetapi percayalah kalian tidak akan rugi melakukannya. Sekali lagi jangan khawatir mengajak anak anda (selama mereka sudah berusia lima tahun ke atas) karena trail ini sangat aman dan tidak menguras tenaga.

20170222_132139
Walking the Hooker Valley
20170222_113500
I walked a lot of Trails… this is the hands down the best one.

Cara kedua melihat Aoraki / Mount Cook adalah dengan naik keĀ Mount John Observatory. Kalian memang harus mendaki sedikit menaiki gunung ini (sekitar 40 menit sampai ke puncak) tetapi kecuali kamu benar-benar kegemukan atau memiliki masalah fisik, ini sangat bisa dilakukan. Kecantikannya sungguh sulit dideskripsikan dengan kata-kata ketika kita tiba di puncak dan bisa melihat pemandangan sekeliling.

20170221_194310
That view though
20170221_195111
When you can laze on the top!

Apabila sudah sampai di Mount John Observatory, jangan lupakan juga untuk melihat Church of Good Shepherd yang terletak di tepi Danau Tekapo. Ikonik!

20170221_184735
Find your faith

3. Franz Josef Glacier

Pegunungan Es ini tak hanya cantik dipandang di waktu Fall atau Winter saja melainkan juga pada waktu Spring dan Summer. Apa yang membuat Franz Josef Glacier menarik untuk dikunjungi adalah jalur track yang terbilang mudah ditempuh (bahkan lebih mudah daripada Hooker Valley). Kalian bisa memilih beberapa jalur tergantung dari seberapa fit stamina kalian, jalur yang paling jauh akan membawa kalian paling dekat pada kaki pegunungan es ini di mana kalian bisa melihat salju abadinya dari lebih dekat.

Tempat ini juga merupakan tempat terbaik untuk melakukan Skydive dari ketinggian paling tinggi di seantero Selandia Baru.

4. Dunedin

Jenis kota di Selandia Baru bisa saya bagi menjadi dua. Satu adalah kota yang memiliki kehidupan di dalamnya: Auckland, Wellington, Christchurch, Dunedin, dan Queenstown. Sementara yang satu lagi adalah kota yang setelah jam 6 lewat tidak ada lagi kehidupan di dalamnya. Di antara semua kota-kota di South Island yang saya kunjungi saya paling suka dengan Dunedin. Kenapa?

DSCF2714
Scottish Vibe

Karena Dunedin adalah kota yang terletak di Otago Peninsula sehingga pemandangannya yang berada di sekitar teluk membuat pemandangannya berbeda dengan kebanyakan kota-kota di Selandia Baru lainnya. Kota ini juga terpengaruh infrastruktur dari Skotlandia seperti Istana Larnarch (satu-satunya Istana di Selandia Baru), Gereja Otago, dan tentu saja gedung paling ikonik di tempat ini: Stasiun Kereta Api Dunedin.

DSCF9663
Infrastruktur yang berbeda

5. Milford Sound

Milford Sound yang terletak di dalam Fiordland National Park bukan sekedar salah satu spot paling ikonik di South Island, saya bahkan berani mengatakan kalau ia adalah spot paling ikonik bagi Selandia Baru. Jangan bilang pernah ke South Island / Selandia Baru apabila kalian melewatkan pergi ke Milford Sound!

20170224_112639
The view on your cruise

Untuk pergi ke Milford Sound orang biasanya harus tinggal menginap di Queenstown pada malam sebelumnya. Lantas pada pagi-pagi buta (mungkin sekitar jam 3 – 4 pagi) memulai perjalanan entah dengan mobil ataupun dijemput berangkat ke pelabuhan Milford Sound di mana Cruise yang telah kalian pesan sebelumnya siap membawa kalian untuk menjelajahi tempat ini.

DSCF3120
Air Terjun Milford Sound

Keindahan Milford Sound sulit dilukiskan dengan kata-kata dengan pegunungan dan pulau yang mengelilingi kita, membuat kita seakan begitu kecil. Tidak heran banyak film-film Hollywood mulai dari The Lord of the Rings, The Hobbit, Alien: Covenant, sampai Jurassic Park: The Lost World mengambil setting tempat ini. Rudyard Kipling tidak berlebihan ketika mengatakan kalau Milford Sound adalah Keajaiban Dunia yang Kedelapan.

20170224_072931
Bonus: Dalam perjalanan ke Milford Sound melihat sunrise secantik begini.

 

Honorable Mention

Glenorchy – Paradise

Menyebut hanya lima tempat saja rasanya tidak cukup karena South Island menyimpan begitu banyak keindahan di dalamnya. Salah satu spot di luar lima spot yang saya sebutkan tadi adalah Glenorchy, kota yang terletak di dekat Danau Wakatipu (danau yang juga terletak di kota Queenstown). Sementara Glenorchy cenderung kalah ngetop dibandingkan Queenstown yang lebih ramai, adalah kesalahan besar untuk tidak mengunjungi tempat ini.

DSCF3267
The House by the Lake
DSCF3289
Most Iconic Signpost!

Glenorchy tak hanya lebih sepi dan menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, ia juga memiliki sebuah tempat bernama Paradise. Dan tak seperti kebanyakan tempat yang mengklaim dirinya “Surga” padahal pemandangannya biasa-biasa saja, Paradise ini memang cantiknya luar biasa!

DSCF3332
Surga Dunia!

 

South Island di Selandia Baru sungguh merupakan salah satu tempat paling indah di muka bumi. Apabila kalian berkesempatan datang ke Selandia Baru, mengalokasikan waktu sampai dua minggu saja rasanya masih kurang untuk mengeksplorasi keindahan di setiap-tiap tempatnya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s