El Nido, The Hidden Paradise of Asia

Apabila kalian bertanya kepada orang mengenai pantai-pantai atau keindahan maritim favorit orang, saya rasa kebanyakan dari mereka akan memberikan jawaban-jawaban mainstream seperti dua pantai populer di Thailand yaitu Phuket dan Pattaya. Atau Pulau Bali dan Pulau Lombok di Indonesia. Beberapa yang anti-mainstream mungkin akan menjawab Pantai Boracay di Filipina atau Kepulauan Langkawi di Malaysia. Nah ijinkan saya memperkenalkan satu lagi tempat yang akan mencuri hati kalian: El Nido.

El Nido adalah sebuah wilayah di ujung utara Pulau Palawan di negara Filipina. Pulau Palawan sendiri telah beberapa kali disebut sebagai salah satu pulau paling cantik di dunia oleh kelompok travel ternama Conde Nast Traveler. Bagaimana tidak, Palawan memiliki beberapa atraksi cantik seperti Sungai Bawah Tanah terindah dunia di Puerto Princesa sampai keindahan maritim di kepulauan Coron yang adalah gugusan pulau sedikit di utara Pulau Palawan. Akan tetapi tempat yang sekarang paling naik daun dan terkenal darinya adalah El Nido. Ada apa saja sih di sana?

Perlu diketahui sebelumnya bahwa sarana transportasi di negara Filipina tidak sebaik negara-negara Asia Tenggara lain yang sudah maju (Malaysia, Thailand, dan Singapura). Ini cukup menyulitkan orang yang ingin mengunjungi El Nido. Kenapa? Kedua maskapai penerbangan besar Filipina: Philippines Airlines dan Cebu Pacific hanya melayani penerbangan dari kota-kota besar di Filipina (biasanya antara Manila atau Cebu) ke Puerto Princesa dan tidak menawarkan penerbangan langsung ke El Nido. Setelah itu kalian akan melakukan perjalanan darat yang akan memakan waktu sekitar 6 – 8 jam (tergantung dari medan perjalanan) untuk sampai ke El Nido. Apabila kalian ingin menghemat waktu, caranya adalah terbang dengan AirSwift, sebuah boutique airline yang menawarkan penerbangan langsung ke El Nido dengan pesawat komersial yang lebih kecil (biasa hanya menampung penumpang di bawah 75 orang).

20170626_073030
Baling-baling bambuuu…

Sesampainya di El Nido Airport masih diperlukan waktu sekitar 15 – 20 menit untuk mencapai kota dengan menggunakan kendaraan seadanya. Nah di kota inilah terbentang berbagai opsi untuk menjelajahi El Nido. Tur di El Nido terbagi dalam empat paket: A, B, C, D. Keempat tur ini akan membawa kalian ke tempat-tempat yang berbeda di El Nido. Semua Travel di kota ini menawarkan jadwal yang sama jadi silakan pilih sendiri mana yang kamu inginkan. Saya sendiri memilih El Nido Paradise (saya membooking mereka langsung dari online) yang pelayanannya saya anggap sangat memuaskan untuk Tur Privat saya. Sementara keempat tempat ini memiliki keunikan sendiri-sendiri yang cukup berbeda, saya bisa mengerti kalau kalian takkan memiliki cukup waktu melihat semuanya. Jadi spot-spot mana saja yang merupakan highlight dari El Nido? Berikut tiga titik yang saya anggap sebagai tempat yang tak boleh kalian lewatkan dalam kunjungan kalian ke El Nido.

1. Small Lagoon (Tour A)
Saya pribadi menganggap kalau Small Lagoon adalah titik terbaik dari trip saya di El Nido. Air dalam Small Lagoon ini luar biasa jernih dan langsung mengundang kalian untuk menceburkan diri dan bermain-main di dalamnya. Untuk menjelajahi lagoon yang kecil ini kapal kalian akan merapat di luar (supaya tidak merusak ekosistem lagoon tersebut) lantas kalian akan menaiki sampan kecil (kayak) untuk masuk dan berpetualang di dalam. Andaikata kalian merasa kesulitan untuk mengayuh kapal seorang diri, tour guide kalian bisa membantu kalian melakukannya.

2. Secret Lagoon (Tour A)
Bagi kalian yang menggemari trilogi Crazy Rich Asians dari Kevin Kwan tentunya tahu bahwa dalam buku terakhir trilogi ini salah seorang karakter dari novel tersebut berpetualang ke Palawan dan mengunjungi Secret Lagoon – sebuah lagoon rahasia yang hanya bisa diakses apabila kamu melewati sebuah lubang kecil di dalamnya. Saya ingat bahwa untuk melewati lubang tersebut saya bahkan harus sepenuhnya berbaring dan langsung ditarik melewatinya (karena saya kurang mahir melakukannya sendiri). Begitu masuk di dalamnya saya terperangah dengan keindahan tembok lagoon yang mengelilingiku. Cantik!

20170626_132719
Surrounded by Epicness

 

3. Matinloc Shrine (Tour C)
Apabila Small Lagoon dan Secret Lagoon semua merupakan bagian dari Tour A maka Matinloc Shrine ini adalah bagian dari Tour C. Yang menarik dari Matinloc Shrine ini adalah bagaimana di salah satu pulau kecil di utara El Nido dibangun sebuah tempat berdoa kepada Bunda Maria yang oleh karena itu dinamai Matinloc Shrine. Setelah kamu berdoa kepada Bunda Maria (apabila kamu beragama Katolik) kamu juga bisa melakukan hiking sejenak (hanya sekitar 5 – 10 menit) ke puncak pulau untuk melihat view yang cantik dari sekeliling pulau ini.

Tentu saja tiga tempat ini bukan sekedar tempat yang akan kamu kunjungi ketika kamu berada di El Nido. Masing-masing tipe Tour akan membawamu ke kurang lebih empat sampai lima tempat setiap harinya jadi apabila kamu menghabiskan waktu kurang lebih dua hari saja di El Nido maka kamu sudah bisa diajak pergi ke sepuluh spot cantik. Di luar itu kamu pun bisa pergi ke Pantai yang ada di pesisir El Nido sepulangnya kamu dari tur untuk menikmati kota El Nido.

Kota ini sendiri sangat – sangat kecil dan bisa dikelilingi dengan berjalan kaki saja. Di antara banyak restoran kecil yang terdapat di sini saya menyarankan untuk mencoba makan di Trattoria Altrove yang adalah restoran otentik Italia terenak di tempat ini. Suguhan-suguhan jenis Pizza mereka menakjubkan! Apabila kalian sudah bosan dengan suguhan makanan Filipina yang ada di restoran-restoran lain di El Nido maka Trattoria Altrove bisa menjadi opsi yang patut dipertimbangkan. Akan tetapi hati-hati, statusnya sebagai restoran paling ternama di El Nido membuat antrian di tempat ini hampir selalu panjang dan mengular!

El Nido sendiri menyediakan pelbagai opsi tempat tinggal tergantung dari budgetmu. Untuk tempat tinggal yang tak seberapa mahal dan terletak di tengah kota saya memakai Ipil Hotel Suites. Tempat ini memiliki air panas, kamar dengan AC (dan listrik 24 jam), ditambah resepsionis yang ramah. Lokasinya pun enak karena ada di tengah kota. Bagaimanapun untuk benar-benar menikmati El Nido sepenuhnya saya menyarankan untuk menginap di resort privat yang ada di pulau-pulau luar gugusan El Nido. Pilihan saya sendiri jatuh pada Cauayan Resort dan saya sangat puas dengan layanan mereka. Kenapa?

Pada awalnya saya hendak mengunjungi El Nido di akhir tahun 2016. Akan tetapi walaupun sudah melakukan booking pesawat terbang dan hotel, cuaca yang buruk membuat penerbanganku dibatalkan. Saya khawatir karena saya belum tahu kapan saya bisa merencanakan untuk kembali ke El Nido lagi. Saya pun bertanya kepada manager dari Cauayan Resort yang dengan senang hati mengatakan bahwa ia akan menyimpan reservasi kamarku untuk jangka waktu yang tak ditentukan. Hampir setahun kemudian impianku untuk mengunjungi El Nido baru terwujud, dan sesuai janji Cauayan Resort tidak memungut biaya tambahan apapun dan bahkan menyediakan kamar terbaik bagi kami yang tepat menghadap pantai! Sungguh saya sangat puas dengan keramahan pelayanan dan totalitas servis mereka.

20170629_102335
The Beautiful Cottage

Tak hanya itu Cauayan Resort pun memiliki berbagai fasilitas lengkap. Kamar kalian dilengkapi dengan teknologi terbaik seperti TV, Multimedia Player dan Bluetooth Speaker. Interior kamar kalian pun merupakan campuran dari design kontemporer dengan tambahan etnik Filipina di dalamnya. Apabila kalian bosan hanya di dalam kamar saja, kalian bisa berolahraga di gym, minum-minum berbagai jenis alkohol yang ada di bar, membaca buku di lounge, atau bahkan sekedar bermalas-malasan di Infinity Pool mereka yang menghadap ke laut lepas. Saya akan akui kalau duduk di depan kamar sambil melihat sinar matahari terbenam dengan semburat merah yang cantik adalah salah satu view cantik yang takkan bisa saya lupakan seumur hidup.

Satu-satunya hal yang saya ingin ingatkan dalam mengunjungi El Nido adalah jangan mengunjunginya di musim hujan apalagi di musim badai (biasanya bulan Juni – September, tapi terkadang masih bisa terjadi di Oktober seperti yang saya alami) di Filipina. Pada musim-musim tersebut kalian tidak pernah tahu kondisi cuaca yang sangat tidak terduga. Jangan sampai mengulang kesalahan seperti saya dan kedua teman saat pertama kali datang ke El Nido. Yang ada bukan rasa puas melihat kecantikan El Nido melainkan kesedihan dan kekecewaan karena harus pulang dengan hati yang hampa.

20170629_102904
Your Beautiful Private Island

Dengan keindahan alam yang ada saya yakin El Nido tidak akan lama bisa menjadi rahasia dunia. Sebelum nantinya semakin banyak orang berjubel ke sana untuk melamar kekasih mereka atau menghabiskan bulan madu, sebaiknya cepat-cepat ke sana dulu!

20170628_162120
See you again, El Nido!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s