The Avengers 3D Theme Ride

Kurang dari dua minggu lagi dari saat artikel ini ditulis, dunia akan bisa menyaksikan kulminasi dari sepuluh tahun epik MCU yang berawal dari Iron Man di tahun 2008. Sulit dibayangkan bahwa Marvel Studios yang dulu tidak memiliki satupun superhero kelas A di tangan mereka mampu menggunakan kekreatifan mereka guna mengangkat superhero-superhero kelas B yang ada di tangan mereka dan menjadikan semuanya superhero kelas A. Bersamaan dengan makin melejitnya popularitas para superhero ini, maka dibuat juga atraksi-atraksi di pelbagai theme park yang ada di dunia. Dalam artikel ini saya ingin memberi ulasan pada empat atraksi 3D berbasiskan anggota-anggota Avengers yang terletak di pelbagai negara.

1. Iron Man Experience
Location: Hong Kong Disneyland
Section: Tomorrowland
Capacity: Sekitar 20 orang
Score: 8.0

Hong Kong Disneyland sempat kehilangan pamor setelah pembukaan dari Shanghai Disneyland yang jauh lebih besar dan lebih tersohor. Guna mencegah kehilangan pengunjung lebih banyak, Hong Kong Disneyland kemudian membuat atraksi Iron Man Experience yang dibuka di awal tahun 2017 lalu. Langkah ini tepat karena Iron Man merupakan superhero Marvel yang paling brand awareness-nya paling tinggi saat ini.

20170726_122630
One of Iron Man’s tech in Stark Expo

Dalam atraksi ini para turis akan diajak masuk melihat Stark Expo (seperti Iron Man 2). Akan tetapi ketika serangan terjadi maka Iron Man mengajak para pengunjung Stark Expo untuk turut membantunya melawan musuh. Highlight dari atraksi ini adalah ketika kita dibawa oleh Iron Man untuk turut bersama dia terbang melawan musuh di atas kota Hong Kong. Melihat gedung-gedung lansekap Hong Kong yang familiar di dunia nyata membantu atraksi Virtual Reality ini terasa benar-benar berpijak pada dunia nyata.

20170726_123251.jpg
Let’s fly!

2. Hulk Epsilon Base
Location: IMG Worlds of Adventure
Section: Marvel Adventure Zones
Capacity: Sekitar 100 orang
Score: 7.0

IMG Worlds of Adventure terdiri dari empat zona dan tentu saja zona yang paling populer adalah zona Marvel dan zona Cartoon Networks. Untuk zona Marvel sendiri satu dari dua atraksi 3D di sini adalah atraksi dari sang Jade Giant: Hulk. Mengingat Bruce Banner bukan seorang konglomerat seperti Tony Stark, ia tentu tidak punya Stark Expo. Di sini kita diajak oleh Jendral Thaddeus Ross ‘Thunderbolt’ untuk melihat robot-robot canggih yang dibangun oleh pemerintah Amerika. Sayangnya robot-robot ini dibajak oleh The Leader, musuh dari The Hulk yang jenius, dan robot yang seharusnya melindungi kita malah jadi berbalik menyerang kita.

20180328_123857
Gamma Lab in the Desert

Beruntung di saat kritis tersebut Hulk, dengan bantuan Iron Man, datang untuk menyelamatkan kita dan menghentikan amuk para robot dan kejahatan dari The Leader. Berbeda dengan Iron Man Experience, dalam atraksi ini kita ditempatkan di kubah yang cukup besar bersama dengan puluhan turis lainnya. Pertarungan 3D terjadi di sekeliling kita dan bukannya di hadapan kita semata ala atraksi Iron Man Experience. Kendati rasanya memang lebih menyeluruh ini juga menjadi bumerang karena safety belt di kursi membuat kita sulit melihat aksi-aksi yang terjadi di belakang kita. Dan kalau ada pertanyaan kenapa Iron Man harus ada di dalam atraksi yang sebenarnya mengedepankan nama Hulk? Jawabannya sekali lagi: Iron Man jagoan Marvel yang paling menjual.

20180328_124931
The 3D Dome

3. The Avengers: Battle of Ultron
Location: IMG Worlds of Adventure
Section: Marvel Adventure Zones
Capacity: Sekitar 10 orang
Score: 5.0

Kalian sangka dengan nama The Avengers dan dengan musuh Ultron (ingin mendompleng momentum dari The Avengers: Age of Ultron?) bahwa atraksi ini harusnya menjadi atraksi yang paling seru bukan? Salah. Setali tiga uang dengan nasib film The Avengers: Age of Ultron yang merupakan film terburuk dalam Phase 2 MCU, begitu juga The Avengers: Battle of Ultron ini menjadi atraksi 3D yang paling membosankan.

20180328_130504
So boring!

Di sini kamu bertindak sebagai anggota baru dari SHIELD. Disambut langsung oleh Samuel L. Jackson… maksud saya Nick Fury… kita langsung diberi tugas pertama mengantar senjata penghancur Ultron dan menjadi backup bagi empat Avengers yang bertarung menghadapi robot perusak satu ini.

Nilai minus pertama: dua pilot kita adalah Hawkeye dan Black Widow yang berarti dua jagoan Avengers praktis sudah hilang dari aksi dan sekedar jadi supir eksklusif bagi kita. Nilai minus kedua dalam atraksi ini adalah durasinya yang terasa lebih singkat dibandingkan atraksi-atraksi lainnya. Ultron terasa lemah dan di sini praktis dijadikan bulan-bulanan baik oleh Hulk, Thor, dan Iron Man. Captain America dalam atraksi ini hanya berjumpalitan kurang jelas sambil sesekali menyerang (tanpa hasil) dan memberi perintah.

20180328_132236
WAKANDA! FOREVER! Ups, salah tempat ya?

Buruk? Ya. Forgettable? Ya. Saya lebih senang dengan logo The Avengers yang ada di depan atraksi ini daripada atraksinya sendiri… that’s how bad it is!

4. The Amazing Adventures of Spider-man
Location: Universal Studio Osaka (Japan), Universal Islands of Adventure (USA)
Section: New York (Universal Studio Osaka), Marvel Super Hero Island (Universal Islands of Adventure)
Capacity: Sekitar 10 orang
Score: 9.0

The Amazing Adventures of Spider-man adalah salah satu 3D ride yang terlawas karena dibuka di tahun 1999 tetapi juga salah satu yang terbaik. Atraksi ini sedikit dibayang-bayangi Harry Potter and the Forbidden Journey yang lebih baru ketika saya mendatanginya di Universal Studio Osaka tetapi sebenarnya ia tidak kalah apik. Untuk nilai plus, ia sekarang sudah diupgrade dengan resolusi 4K sehingga membuatnya efek 3Dnya terasa sangat tajam (tapi tidak membuat pusing).

20170412_143043
Wisdom Nuggets from the Waiting Line

Di dalam atraksi ini kalian berperan sebagai reporter yang baru bagi Daily Bugle. Mengingat semua reporter lawas telah kabur karena ketakutan akan serangan gerombolan penjahat Spider-man yang dipimpin Doc Ock, kalian terpaksa menjadi reporter. Tentu saja para villain menyerang kendaraan yang kalian naiki dan Spider-man harus bertarung menghadapi musuh dan melindungi kalian. Ini merupakan atraksi 3D The Avengers yang terbaik karena koreografi visual pertarungan yang sangat menarik di mana Spidey harus bertarung dengan musuh dengan berbagai cara, kualitas 3D tajam bin mumpuni (karena sudah memiliki resolusi 4K) ditambah dengan beberapa adegan yang cukup mendebarkan seperti ketika tunggangan kalian dilempar ke angkasa dan harus ditangkap oleh Spidey dengan jaringnya.

Kalian mungkin bertanya-tanya kenapa saya memasukkan atraksi yang ada bahkan sebelum MCU dilahirkan (bahkan sebelum film Spider-man Tobey Maguire ditayangkan!), jawabannya sederhana: coba lihat trailer The Avengers: Infinity War, ya, Spidey secara resmi sudah bergabung dalam jajaran The Avengers!

20170412_143323
Hi there Stan Lee!

Walaupun semua ride ini tidak berhubungan dengan dunia MCU sendiri tidak bisa dipungkiri bahwa atraksi-atraksi baru yang dibuat di sini semua merupakan ‘jasa’ dari MCU yang membuat superhero-superhero itu makin populer. Mengingat atraksi-atraksi baru sudah disiapkan oleh Disney di masa depan mungkin di dekade mendatang kita akan melihat atraksi-atraksi dari Ant-man yang menjelajahi dunia mikroskopik, Doctor Strange yang membawa kita ke dunia sihir, Guardians of the Galaxy yang mengajak kita menjelajahi galaksi, sampai mungkin Black Panther memasuki kerajaan Wakanda yang eksotis dan misterius.

The possibilities are limitless!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s