Hiking the Via Ferrata of Jebel Jais

Kalau mendengar kata Timur Tengah benak kita mungkin membayangkan lansekap gurun dan pasir di mana-mana. Itu tidak salah sebab UEA sendiri dibatasi oleh padang pasir Arabia yang merupakan padang pasir kedua terluas di dunia hanya di belakang padang pasir Sahara.

Akan tetapi itu tidak berarti lansekap dari UEA hanya terdiri dari padang pasir dan kota modern saja, bagi penggemar hiking gunung, di UEA terdapat sebuah gunung bernama Jebel Jais – yang merupakan gunung tertinggi di negara tersebut. Dengan tinggi ‘hanya’ 1934 meter, gunung ini hanya ‘sedikit’ lebih tinggi dari Gunung Batur di Pulau Bali. Jadi apa yang membuat gunung ini menjadi menarik untuk saya panjat?

Ada tiga alasan bagiku untuk menaiki gunung Jebel Jais ini.

Yang pertama: saya ingin tahu kondisi negara UEA di luar dua Emirat yang paling kaya: Dubai dan Abu Dhabi. Jebel Jais terletak di Ras Al-Khaimah, Emirat yang tidak termasuk dalam the big two.

Yang kedua: pemandangan yang saya lihat setiap kali saya naik gunung di Filipina maupun di Indonesia indah tetapi memiliki pemandangan yang kurang lebih setipe: hijau, lautan awan, dan terkadang laut atau danau yang bisa dilihat dari puncak gunung. Jebel Jais berbeda sebab ia penuh batu-batuan dan tandus.

Yang terakhir dan yang paling menarik minatku adalah jalur Via Ferrata yang baru dibuka dua tahun terakhir di tempat ini. Apa itu Via Ferrata?

gear
Ready for the Hike

Via Ferrata adalah bahasa Italia yang artinya: jalur besi. Dalam masa Perang Dunia dulu untuk memudahkan logistik supply untuk para tentara, negara-negara yang terlibat dalam perang biasa memasang jalur kawat besi yang dipakai untuk transportasi makanan maupun obat-obatan bagi para tentara. Nah, ternyata setelah Perang Dunia usai jalur-jalur besi ini kemudian digunakan oleh pecinta alam untuk memudahkan mereka melakukan hiking, bahkan untuk melakukan aktivitas-aktivitas olahraga ekstrim. Di sini contohnya, kami memadukan aktivitas hiking dengan tiga kali melakukan zipline melewati jurang. Zipline pertama sepanjang 50 meter, yang kedua 60 meter, sementara yang ketiga dan yang terpanjang adalah 300 meter.

zipping 2
Zipping!

Grup kami memilih aktivitas yang paling mudah: Ledge Walk. Apabila dikategorikan dalam tingkat kesulitan Hiking dari 1 – 10 saya memberinya nilai 3 mengingat kita bisa menyelesaikan rute ini dalam 3.5 – 4 jam. Tidak seperti hiking gunung biasa, kami dilengkapi dengan peralatan klip dan hook pada kabel-kabel yang ada sepanjang perjalanan. Kabel-kabel ini multi-fungsi, selain untuk membantu ‘grip’ alias pegangan kita selama naik atau turun gunung, ia juga bertujuan untuk menjadi pengait safety cable badan kita ke kabel tersebut. Dengan kata lain andai terjadi selip, badan kita tidak terpelanting jatuh ke jurang atau menghantam tanah berbatu-batuan.

20180329_102608
Rocky Roads

Jalur Ledge Walk beruntung tertutup dari sengatan sinar matahari yang menyengat. Bahkan karena ada angin yang bertiup dari lembah, rasanya sejuk sekali memanjat dalam lindungan bayangan gunung Jebel Jais. Dalam trip kami didampingi oleh dua instruktur (dari India dan Italia) yang sangat berpengalaman dan selalu mengingatkan kami untuk terus memindahkan klip safety cable badan ke dari satu seksi ke seksi lain di jalur pegunungan. Selama 10 – 15 menit awal melakukan hal ini terasa aneh dan kikuk tetapi tidak akan makan waktu lama untuk membiasakan diri melakukan hal ini.

zipping
Keselamatan paling penting. Jatuh bisa mengakibatkan kematian

Satu tips tambahan yang ingin saya berikan: pakailah sepatu hiking dan bukan fashion sneaker macam Vans atau Onitsuka Tiger. Kenapa? Karena walaupun safety cable akan menjaga badan kalian dari terjatuh dari jurang atau kecelakaan fatal lainnya, apabila sepatumu licin kalian bisa jadi terjatuh dan terpeleset ke tanah berkali-kali. Dan tidak seperti gunung ‘biasa’ yang tanahnya tak terlalu sakit bila kamu jatuh, jatuh di atas bebatuan di gunung ini bisa benar-benar membuat badanmu lebam-lebam usai selesai hiking.

Bagi kalian yang mencintai aktivitas beradrenalin tinggi di Jebel Jais juga baru saja dibuka jalur zipline terpanjang dunia. Kalau kalian pikir total 410 meter zipline yang saya lakukan di aktivitas Ledge Walk sudah panjang, maka jalur zipline terpanjang dunia itu panjangnya mencapai… 2.83 km. Ya. 7 kali lipat lebih panjang! Apabila kalian pecinta aktivitas beradrenalin tinggi dan suka aktivitas zipline, tentu saja aktivitas tersebut wajib dicoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s